PORTABLE DOCUMENT FORMAT (PDF)


APA ITU PDF FORMAT?

mungkin sebegian besar dah tahu apa itu PDF tapi artikel ini saya buat berhubung beberapa hari yang lalu ada teman saya yang tanya, “dhan, aku dah download soal ujian tapi kok format file nya PDF, trus aku buka di Word Document ga bisa gimana ya?”. sebenarnya file dengan embel-embel PDF format tuh hanya bisa dibaca oleh PDF reader aja, nih ceritanya:

Portable Document Format (PDF) adalah format file yang diciptakan oleh Adobe Systems pada 1993 untuk pertukaran dokumen. PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi dengan cara yang independen dari perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, dan sistem operasi. Masing-masing file PDF merangkum penjelasan lengkap mengenai fixed-layout 2D dokumen yang meliputi teks, huruf, gambar, dan 2D vektor grafik yang menyusun dokumen. Akhir-akhir ini, gambar-gambar 3D dapat ditanamkan ke dokumen PDF dengan Acrobat 3D menggunakan U3D atau RRC dan berbagai format data lainnya.

Adobe Systems co-founder John Warnock diuraikan sistem yang disebut “Camelot”, yang berkembang menjadi Portable Document Format (PDF) file-format.

nah begitulah ceritanya! ada beberapa aplikasi yang bisa membaca file dengan format PDF diantaranya Adobe reader, Foxit Reader, Haihaisoft PDF reader dan masih banyak lagi. buwat teman-teman yang belum punya aplikasi PDF reader di PC’nya masing-masing silahkan langsung download aja geratis Di SINI!

tapi sayangnya file PDF nggak bisa di edit-edit cuma bisa dicopy trus dipaste di word tapi cara tersebut dapat merusak tatanan artikel yang sebenarnya. sebenarnya ada cara mudah buat mengedit file dengan format PDF yaitu dengan mengkonfersikan format file dari PDF ke Word Document. cara ini lebih praktis, syaratnya mudah anda perlu punya aplikasi PDF Converter, karena saya orang baik aplikasi tersebut bisa didownload langsung dengan KLIK DI SINI!. ok sekian saja info dari saya dan selamat mencoba!

berikut tampilan aplikasi PDF to Word Converter

Tinggalkan komentar

Filed under Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s